Pelarian

Naif kalau kubilang aku mencintaimu, maka aku lebih menyukai kata suka. Padahal aku sadar suka dan cinta punya kadar yang jauh berbeda.

Aku menyukaimu bukan karena kamu tampak sempurna di mataku. Aku telah menimbang dengan baik kualitas yang kamu miliki, kelebihan dan kekuranganmu sejauh yang kutahu.

Menyukaimu adalah tindakan dan keberanian untuk mengagumi kelebihan dan menerima kekuranganmu.

Hari itu kau lari begitu saja. Jika kau lari karena sedikit banyak kekurangan yang ada padaku, kukatakan lagi bahwa kau pun bukan orang yang sempurna. Aku tak akan lagi mengejar. Kembalilah jika kau merasa aku pantas menjadi tempat kembali, atau pergilah..

Kita sama-sama kenyang menjadi anak-anak. Kita cukup tahu bahwa dunia tidak memberikan segalanya gratis. Jika kau ingin senang, maka buatlah orang lain senang. Ketulusan kita menyenangkan orang lain saja belum tentu akan berbuah kesenangan, bagaimana kita bisa berharap mendapatkan kesenangan sementara kita menyebalkan?

Aku punya taman yang cukup luas untuk membiarkan anak-anak bermain. Tapi tidak soal komitmen, soal keseriusan. Kita cukup dewasa untuk memahami bahwa ada dua sisi perbedaan yang perlu kita kompromikan, negosiasikan, untuk saling menyesuaikan. Kita cukup dewasa untuk memahami bahwa sebuah hubungan perlu diperjuangkan.

Maka pelarianmu hari itu adalah sebuah langkah instant dengan pembenaran apapun. Pergilah, larilah sejauh yang kau mampu. Aku masih di sini, diam, sedikit mengingat, sedikit bersedih, tapi aku akan baik-baik saja dan akan jauh lebih baik.

Author: handataulan

I am a journalist and a former teacher. I do love reading, writing, and sharing.

Leave a Reply

