Buku-buku, Hartaku

PC200002.JPG
buku-buku akhirnya gua taruh aja di lantai dan tetap ketje badai

Sebenarnya awal datang ke Jakarta saya berpikir tidak akan membeli buku. Saya berisiko besar dipindah tugas dan harus berpindah-pindah kos. Kepindahan pertama saya dari Jakarta Selatan ke Jakarta Barat waktu itu naik motor doang. Bhayaaangkan bolak-balik entah berapa kali dari Jakarta Selatan ke Jakarta Barat dan sebaliknya sambil boncengan barang yang seabrek-abrek.

Di tengah jalan, malahan tali rafia yang saya pakai untuk mengikat kardus sempat geser sehingga barang-barang yang saya bawa hampir jatuh. Beruntungnya, di Jakarta ini masih banyak orang baik. Mereka membantu saya mengikat dengan lebih kencang dan saya bisa sampai tujuan dengan selamat.

Lelah bolak-balik, akhirnya satu kardus tidak terbawa oleh saya. Kardus yang isinya buku-buku bawaan saya dari Jogja. Sebagian lagi buku yang dikasih sama narasumber dan koran-koran yang dulu saya kumpulkan. Sampai sekarang saya tidak enak hati mau mengambil kardus itu, sehingga saya ikhlaskan saja.

Saya pindah lagi ke Jakarta Selatan. Saya masih belum berminat beli buku atau barang-barang lain. Tapi, sudah cukup lama saya tidak dipindah tugas. Saya akhirnya membeli satu buku yang ternyata buagusss dan menjadi mood booster saya dalam membaca. Saya beli satu buku lagi. Selain itu, ada beberapa buku yang berasal dari tempat liputan. Yah, buku-buku profil pesantren atau sekolah dan buku-buku cetakan mereka. Saya tetap menyimpan semuanya.

Kemarin, saya akhirnya beli rak. Kalau memang harus pindah kos lagi ya sudah, rak ini mungkin akan dihibahkan. Awalnya saya menaruh semua buku saya. Tapi, rasanya kurang saja tempat untuk menaruh barang kecil-kecil saya, sebangsa kabel-kabel dari alat elektronik, kosmetik, alat tulis, dan sebagainya.

Saya akhirnya memutuskan, jarak kosong yang sempit di antara meja belajar dan rak menjadi rak baru bagi buku-buku saya. Iya, buku itu saya taruh lantai saya, menumpuk ke atas. Ketje badai juga ternyata.

Advertisements

Author: handataulan

I am a journalist and a former teacher. I do love reading, writing, and sharing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s