Baik Buruk

Dosen kami dulu mengajarkan, guru itu pekerjaan mulia, tapi juga dekat dengan perilaku menyesatkan. Kalau guru menanamkan konsep yang salah, ia berpotensi menyesatkan siswa. Kesesatan itu diyakini oleh mereka, disebarkan kepada yang lain. Kalau murid itu nanti jadi guru, dia mengajarkan konsep yang sama, maka kesesatan itu sampai ke generasi-generasi selanjutnya.
Dosen kami menyebut ini kesesatan jariyah, atau lebih ekstremnya dosa jariyah. Artinya, ketika kita menanamkan sesuatu yang salah atau buruk bagi orang lain, maka kita juga menanggung dosa yang diperbuat orang-orang yang melakukan dosa tersebut.
Tapi saya lebih suka memahami konsep dosa ini tidak hitam putih. Dosa di sini hanya perumpamaan. Secara substansi, perkataan dosen kami itu menyiratkan sebuah pesan dan peringatan agar kami berhati-hati dalam mengajar.
Kembali bahwa guru adalah pekerjaan mulia yang berpotensi menjatuhkan pelakunya pada perilaku menyesatkan. Sebenarnya semua pekerjaan mengandung risiko. Seorang pendakwah sekalipun, yang posisinya sebagai penerus titah nabi tak lepas dari risiko serupa. Bahkan mungkin lebih parah. Lha yang ditanamkan adalah konsep-konsep yg terkait langsung dengan Tuhan.
Ulama pun demikian. Di satu sisi pekerjaan ini juga saaangat mulia. Tapi coba bayangkan jika ulama salah mengasah pisau analisis sehingga dia menelurkan fatwa yg salah? Fatwa ini bisa menimbulkan perpecahan.
Bagaimana dengan jurnalis? Jurnalis pun sama saja. Jurnalis dilahirkan untuk mengabarkan informasi. Jika tidak hati-hati, ia bisa menelurkan berita yang berbeda dr esensi. Jurnalis bisa disengaja maupun tdk membuat orang bermusuhan. Tapi jurnalis juga bisa profesi yang profetik. Terserah kita mau yang mana.

Advertisements

Author: handataulan

I am a journalist and a former teacher. I do love reading, writing, and sharing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s