Dewasa

Bolehkan aku tersenyum sebentar membaca pemikiran yang seakan kau amini. Bagiku kedewasaan ditentukan dari bagaimana orang menyelesaikan permasalahan dalam hidupnya. It’s okay untuk tidak merespon apa yang menurutmu tak berguna. Tapi memastikan tidak ada lagi ganjalan berarti yang mungkin akan menjadi boomerang di masa depan itu penting. Buatku ya, itu buatku.

Diam di saat seharusnya kita mampu bicara hanya memupuk permasalahan. Dan jelas tidak adil J Suatu saat jejak yang berantakan itu akan kita telusuri kembali. Betapa kotornya masa silam dan kita sendiri yang dirugikan. Di sana-sini ada luka yang pernah kita goreskan pada orang lain dan tak pernah coba kita obati. Padahal kita mampu untuk sekadar meringankan.

Masih ada kotoran kita tinggalkan tanpa tanggung jawab di depan pintu rumah orang lain. Kita bisa pergi begitu saja, membiarkan pemilik rumah membersihkan sendiri tai ayam yang menempel di lantai. Tapi punggungmu terlanjur dikenal. Ujung rambutmu terlanjur tertinggal. Kau dikenang sebagai orang tak bertanggung jawab yang meninggalkan tai di depan rumah orang lain. Padahal mungkin kau sendiri tak sengaja. Padahal kau punya mulut untuk menyatakan maaf, punya tangan untuk sedikit bertindak. Agak perlu usaha, tapi yakinlah itu mendamaikan.

Mencari pembenaran atas ketidakmampuan kita mengatasi diri sendiri memang mudah. Kita ibarat hero, tapi bagi diri sendiri. Tanpa sadar itu semu, pandangan kita tertutup selaput tipis yang mengaburkan.  Iya, perbedaan isi kepalaku dan kepalamu memang begitu tipis, tapi ternyata begitu jauh. [SH][Jakarta, 30/10/2016]

 

 

Advertisements

Author: handataulan

I am a journalist and a former teacher. I do love reading, writing, and sharing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s